web analytics
Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Pengukuhan Guru Besar dari Fakultas Teknik

Pengukuhan Guru Besar dari Fakultas Teknik

Universitas Riau (UNRI) melalui Sidang Senat Terbuka Universitas Riau (UNRI) menggelar Upacara Pengukuhan Guru Besar Prof Dr Eng Azridjal Aziz ST MT pada Fakultas Teknik dan Prof Dr  Iwantono MPhil pada Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unri, pada Jumat (28/6/2019) di Aula serbaguna Siak Sri indrapura Gedung Rektorat  Kampus Bina Widya Unri Panam.

Pada pengukuhan Guru Besar ini, Prof Dr Eng Azridjal Aziz ST MT menyampaikan orasi ilmiah bidang ilmu rekayasa termal dan fluida. “Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja yang dapat berupa panas, cahaya, mekanika, kimia, dan elektromagnetika. Semua hal yang dilakukan dalam kehidupan ini sangat bergantung pada energi, sehingga energi sangat penting dalam kehidupan manusia,” ujar Azridjal.

“Dengan energi, semua hal dapat dilakukan untuk meningkatkan produktifitas, kenyamanan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup manusia. Namun sebaliknya upaya dalam mengekplorasi energi dan produk yang dihasilkan menggunakan energi tersebut harus ditangani dan diatur dengan baik untuk mempertahankan kualitas hidup manusia,” jelas Azridjal.

Saat sesi orasi ilmiah Prof Dr Iwantono M Phil, Iwantono menjelaskan orasi ilmiah bidang ilmu fisika material (nano material). “Sel surya fotoelektrokimia tersensitasi dye (DSSC) berbasis nanomaterial ZnO, saat ini menjadi salah satu topik kajian yang menarik perhatian banyak penelitian. Adapun fokuskannya adalah pada hasil-hasil penelitian, yang dimulai dengan fabrikasi nanomaterial logam, yang kemudian dilanjutkan dengan aplikasi nanomaterial semikonduktor logam-oksida ZnO dalam pengembangan teknologi sel surya fotoelektrokimia tersensitasi dye.” 

Pada Sidang Senat Terbuka Unri dalam rangka pengukuhan Guru Besar kali ini, dipimpin oleh Prof Dr Adel Zamri MS DEA selaku Ketua Senat Unri. Pada Upacara tersebut juga hadir Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr Mubarak, MSi, pihak internal, mitra eksternal Unri, keluarga, dan undangan pengukuhan.

Dalam acara tersebut, Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan momentum hari ini memberikan penambahan kepemilikan Guru Besar yang ada di Unri. “Jika sebelumnya total Guru Besar yang ada di Unri sebanyak 59 Guru Besar, maka dengan momentum hari ini, maka jumlah Guru Besar yang aktif menjadi sebanyak 61 orang Guru Besar.” (wendi. foto: rizki) ***

Translate »