Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Teknik Elektro S1



SEJARAH SINGKAT

Program Studi Teknik Elektro S1 merupakan program sarjana di bawah Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau Universitas Riau (UR), didirikan dengan nomor SK No: 4020/D/T/2007 untuk izin operasional dan SK No: 56/III9/AK/2008, sedangkan SK No:3063/D/T/K-N/2010 untuk perpanjangan izin program studi teknik elektro untuk jenjang S1. Program Studi Teknik Elektro S1 menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang akan menghasilkan lulusan profesional dalam pengembangan bidang teknik tenaga listrik dan teknik telekomunikasi. Penyelengaraan pendidikan di Program Studi S1 dilaksanakan untuk mempersiapkan lulusannya yang mampu menunjukkan kemampuan bekerja secara trampil, berkualitas dan lebih berkompeten pada setiap bidang perkerjaan yang membutuhkan keahlian dari lulusan. Konsentrasi pendidikan yang ditawarkan pada program studi sarjanan mencakup bidang ketenagalistrikan dan telekomunikasi.

Program Studi Teknik Elektro S1 hanya membuka program sarjana dan mempunyai 17 orang dosen tetap dan 6 orang dosen tetap (diluar program studi). Dalam perjalanannya Program Studi Teknik Elektro S1 secara perlahan-lahan terus berbenah diri dengan meningkatkan kualifikasi pendidikan akademik dosen ke jenjang doktoral (S3). Sampai dengan tahun 2010 Program Studi Teknik Elektro S1 mempunyai 1 orang doktor dibidang telekomunikasi dan 3 orang kandidat doktor yang melanjutkan studi di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Universiti Petronas.

Pada tahun 2008 aktifitas perkuliahan dilaksanakan di kampus Bina Widya Universitas Riau Jalan Subrantas Simpang Baru Panam Pekanbaru. Dengan dukungan sarana dan prasarana yang masih baru dan cukup memadai serta tenaga dosen yang  berjumlah 23 orang dengan 17 orang dosen tetap dan 6 orang dosen tetap diluar program studi. Program Studi Teknik Elektro S1 semakin dapat memberikan pelayanan yang baik kepada total mahasiswa dengan jumlah sudah mencapai 171 orang.


VISI
Menjadi Program Studi teknik elektro S1 yang unggul dalam kajian dibidang teknik elektro pada tingkat nasional tahun 2035.
MISI
Misi program studi teknik elektro S1:

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bermutu di bidang teknik elektro.
  • Mengembangkan kajian-kajian unggul dibidang teknik elektro.
  • Melakukan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada penerapan hasil riset dibidang teknik elektro.


TUJUAN
Rumusan Tujuan Program Studi Yang Merujuk Pada Tujuan Lembaga Yang Merupakan Turunan dari Misi

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, keunggulan akademik, bermoral dan bertaqwa, berkemampuan wirausaha serta kompetitif dibidang kelistrikan dan telekomunikasi.
  • Mencapai keunggulan lulusan melalui peningkatan kualitas proses belajar mengajar.
  • Menghasilkan riset berbasis paten.
  • Menerapkan hasil riset untuk kemajuan masyarakat di propinsi riau sesuai dengan potensi lingkungannya.

  • Tersedianya sistem, metode dan teknologi pembelajaran yang efektif dan mutakhir.
  • Tersedianya fasilitas yang mendukung kegiatan riset bagi dosen dan mahasiswa dengan cara mendapatkan dana hibah PEMDA dan DIKTI.
  • Terjalinnya kerja sama program prodi dengan perguruan tinggi lain, industri, pusat riset, pemerintah, dan masyarakat.