web analytics
Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Teknik Elektro D3


SEJARAH SINGKAT
Fakultas Teknik Universitas Riau yang dibuka sejak September 1994 mulanya hanya mempunyai dua jurusan yaitu Teknik Kimia dan Teknik Sipil dengan jenjang S1 dan D3 yang sampai saat ini sudah berjalan selama 11 tahun.
Berdasarkan surat Direktur Pembinaan Sarana Akademis Dirjen Dikti No. 657/D2/96  tanggal 18 Maret 1996 maka disamping program diploma yang ada sekarang maka perlu segera dikembangkan dua program diploma baru yaitu Teknik Mesin dan Teknik Elektro yang setara dengan Politeknik.
Cikal bakal dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau bermula dari adanya bantuan dari Asian Development Bank ( ADB ) melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Sains dan Keteknikan (EEDP) ADB Loan No.1432 INO pada pertengahan tahun 1996. Bantuan ini pada hakekatnya merupakan pembangunan fisik sarana dan prasarana Fakultas Teknik UNRI yang akhirnya mengarah kepada pembukaan Program Studi baru, termasuk salah satunya yaitu Program Studi Teknik Elektro yang merujuk pada surat Dirjen Dikti No.657/D2/96 tanggal 18 Maret 1996 yang selanjutnya diperkuat oleh Surat Keputusan Rektor UNRI sehingga akhirnya pada tahun ajaran baru 1998/1999.
Program Studi Teknik Elektro FT.UNRI telah mulai menerima mahassiwa baru untuk angkatan pertama. Setelah melalui perjuangan yang panjang ( yang sebelumnya sempat kontroversial ) maka pada tanggal 27 Oktober 2000 akhirnya keluarlah SK Pendirian Program Studi Teknik Elektro D3 dengan Nomor SK Pendirian : No.377/DIKTI/2000, berbarengan dengan SK Pendirian Fakultas Teknik UNRI secara resmi oleh Depdiknas.


VISI
Menjadi program studi diploma tiga bidang teknologi kelistrikan yang unggul di Indonesia pada Tahun 2025, yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelistrikan dunia, serta menjadi mitra kerja industri di wilayah Sumatera.

MISI
Untuk mencapai Visi Program Studi tersebut maka Misi Program Studi D3 Teknik Elektro memiliki rincian sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan Ahli Madya yang kompeten dalam bidang teknologi kelistrikan dan instrumentasi kendalinya, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa wirausaha dan berwawasan lingkungan.
  • Melaksanakan penelitian dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi kelistrikan dan instrumentasi kendalinya.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi kelistrikan dan instrumentasi kendali untuk mendukung upaya-upaya peningkatan mutu kehidupan manusia.
  • Melaksanakan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi profesi dan masyarakat industri dalam negeri dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.


TUJUAN
Sebagai upaya pencapaian dari pernyataan misi dalam jangka waktu sampai dengan tahun 2025, dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki, Program Studi Teknik Teknik Listrik merumuskan tujuan yang ingin dicapai yaitu sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan Ahli Madya yang kompeten, yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa wirausaha dan berwawasan lingkungan.
  • Menghasilkan lulusan Ahli Madya yang mampu merencanakan serta melaksanakan instalasi listrik tegangan rendah sesuai standar dan persyaratan yang baku serta mampu melakukan perawatan dan pemeliharaan instalasi listrik tegangan menengah 20 kV.
  • Menghasilkan karya teknologi kelistrikan dan instrumentasi kendalinya yang inovatif dan yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia.
  • Menghasilkan karya pengabdian masyarakat sebagai bentuk penerapan hasil penelitian bidang teknologi kelistrikan dan instrumentasi untuk mendukung upaya-upaya peningkatkan mutu kehidupan manusia.
  • Menghasilkan kerja sama dengan pemerintah, asosiasi profesi dan kalangan industri dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Lulusan Program Studi D3 Teknik Elektro adalah Ahli Madya yang mampu merencanakan serta melaksanakan instalasi listrik tegangan rendah sesuai standar dan persyaratan yang baku serta mampu melakukan perawatan dan pemeliharaan instalasi listrik tegangan menengah 20 kV.

Glosarium : Tegangan rendah, Tegangan menengah, Standard yang berlaku.

Translate »