Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Teknik Elektro D3


SEJARAH SINGKAT
Fakultas Teknik Universitas Riau yang dibuka sejak September 1994 mulanya hanya mempunyai dua jurusan yaitu Teknik Kimia dan Teknik Sipil dengan jenjang S1 dan D3 yang sampai saat ini sudah berjalan selama 11 tahun.
Berdasarkan surat Direktur Pembinaan Sarana Akademis Dirjen Dikti No. 657/D2/96  tanggal 18 Maret 1996 maka disamping program diploma yang ada sekarang maka perlu segera dikembangkan dua program diploma baru yaitu Teknik Mesin dan Teknik Elektro yang setara dengan Politeknik.
Cikal bakal dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau bermula dari adanya bantuan dari Asian Development Bank ( ADB ) melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Sains dan Keteknikan (EEDP) ADB Loan No.1432 INO pada pertengahan tahun 1996. Bantuan ini pada hakekatnya merupakan pembangunan fisik sarana dan prasarana Fakultas Teknik UNRI yang akhirnya mengarah kepada pembukaan Program Studi baru, termasuk salah satunya yaitu Program Studi Teknik Elektro yang merujuk pada surat Dirjen Dikti No.657/D2/96 tanggal 18 Maret 1996 yang selanjutnya diperkuat oleh Surat Keputusan Rektor UNRI sehingga akhirnya pada tahun ajaran baru 1998/1999.
Program Studi Teknik Elektro FT.UNRI telah mulai menerima mahassiwa baru untuk angkatan pertama. Setelah melalui perjuangan yang panjang ( yang sebelumnya sempat kontroversial ) maka pada tanggal 27 Oktober 2000 akhirnya keluarlah SK Pendirian Program Studi Teknik Elektro D3 dengan Nomor SK Pendirian : No.377/DIKTI/2000, berbarengan dengan SK Pendirian Fakultas Teknik UNRI secara resmi oleh Depdiknas.


VISI
Pada Tahun 2020, Program Studi Teknik Listrik Diploma III menjadi pusat pendidikan ketrampilan bidang ketenagalistrikan dan mitra kerja industri di wilayah Sumatera.
MISI
Untuk mencapai visi program studi tersebut maka misi program studi Teknik Listrik memiliki rincian sebagai berikut:

  • Menghasilkan ahli madya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bermoral luhur dan integritas di bidang ketenagalistrikan.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu ketenagalistrikan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan berkemampuan akademik dan ketrampilan tinggi, profesional dan berjiwa wirausaha serta mempunyai kemampuan managerial.
  • Menghasilkan karya-karya teknologi ketenagalistrikan inovatif yang dapat menyelesaikan masalah daerah dan nasional.
  • Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang ketenagalistrikan yang dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  • Memanfaatkan sistem pemerintahan otonomi daerah berdasarkan Pola Dasar Pembangunan Daerah yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Mewujudkan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri dalam negeri dalam program Tri Dharma Perguruan Tinggi.


TUJUAN
Sebagai upaya pencapaian dari pernyataan misi dalam jangka waktu sampai dengan tahun 2020, dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki, Program Studi Teknik Teknik Listrik merumuskan tujuan yang ingin dicapai yaitu sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan ahli madya yang berkualitas, kompetitif, bermoral dan bertakwa.
  • Menghasilkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, keunggulan, akademik dan/atau profesional di bidang ketenagalistrikan.
  • Menghasilkan lulusan yang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknologi ketenagalistrikan pada tingkat daerah dan nasional, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan dan peradaban manusia.
  • Mendukung pembangunan masyarakat madani yang demokratis dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri.
  • Mencapai keunggulan yang kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan asas otonomi pengelolaan profesional.
  • Mampu menerapkan IPTEK sesuai dengan potensi alamiah dilingkungannya sebagai wirausahawan.

SASARAN

STRATEGI

Terwujudnya lulusan ahli madya yang berkualitas, kompetitif, bermoral dan bertakwa serta memiliki kemampuan, keunggulan, akademik dan/atau profesional di bidang ketenagalistrikan.
  1. Menjaring calon mahasiswa untuk program studi Teknik Listrik dari lulusan SMA/SMK melalui sosialisasi SMA/SMK dengan  target penerimaan mahasiswa 100%.
  2. Mahasiswa dapat menyelesaikan waktu studi selama 3 tahun dengan target 90%.
  3. Menghasilkan lulusan program studi dengan memperoleh IPK > 3,00.
  4. Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala, dengan melihat perkembangan ilmu ketenagalistrikan dengan target 4 tahun sekali.
  5. Memfasilitasi kegiatan proses belajar mengajar di program studi, dengan tersedianya perlengkapan perkulihan (alat tulis, proyektor) 100%.
  6. Memonitor kegiatan proses belajar mengajar di program studi dengan indikator jumlah pertemuan dan kesesuaian materi 100%.
  7. Melakukan perawatan dan penambahan peralatan laboratorium yang menunjang peroses belajar mengajar.
  8. Melengkapi bahan perpustakaan bidang ketenagalistrikan.
Terselenggaranya penelitian di bidang ketenagalistrikan yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan masyarakat dan industri.
  1. Meningkatkan jumlah usulan penelitian dosen program studi dengan target 75 % usulan.
  2. Meningkatkan jumlah penelitian dosen program studi pada jurnal lokal dan nasional dengan target 40% dari seluruh penelitian.
  3. Meningkatkan jumlah dosen terlibat penelitian kolaboratif / mandiri dalam negeri dengan target 80% dari keseluruhan dosen tetap program studi.
  4. d. Meningkatkan jumlah mahasiswa program studi yang terlibat dalam penelitian dosen untuk tugas akhir dengan target 2 orang per dosen tiap semester.
Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif dan produktif di bidang ketenagalistrikan.
  1. Meningkatkan jumlah usulan dosen untuk pengabdian kepada masyarakat sekitar 80% dari jumlah dosen program studi.
  2. Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat yang sudah diselesaikan oleh dosen dengan target 60% dari jumlah dosen program studi.
  3. Meningkatkan jumlah mahasiswa program studi yang terlibat dalam kegiata pengabdian kepada masyarakat dengan target 4% dari total mahasiwa program studi.
Terwujudnya jaringan dan peningkatan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri dalam negeri dalam menunjang kegiatan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  1. Menjalin kerja sama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri di bidang pendidikan dan pengajaran.
  2. Menjalin kerja sama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri di bidang penelitian.
  3. Menjalin kerja sama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri dibidang pengabdian kepada masyarakat.
  4. Melibatkan peran serta alumni dalam upaya menjalin kerjasama dengan pemerintah, asosiasi dan masyarakat industri