Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Sejarah

Cikal bakal dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau bermula dari adanya bantuan dari Asian Development Bank (ADB) melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Sains dan Keteknikan (EEDP) ADB Loan No.1432 INO pada pertengahan tahun 1996. Bantuan ini pada hakekatnya merupakan pembangunan fisik sarana dan prasarana Fakultas Teknik UNRI yang akhirnya mengarah kepada pembukaan Program Studi baru, termasuk salah satunya yaitu Program Studi Teknik Elektro D3 yang merujuk pada surat Dirjen Dikti No.657/D2/96 tanggal 18 Maret 1996 yang selanjutnya diperkuat oleh Surat Keputusan Rektor UNRI sehingga akhirnya pada tahun ajaran baru 1998/1999 Program Studi Teknik Elektro D3 FT UNRI telah mulai menerima mahassiwa baru untuk angkatan pertama.

Pada tanggal 27 Oktober 2000 akhirnya keluarlah SK Pendirian Program Studi Teknik Elektro dengan Nomor SK Pendirian : No.377/DIKTI/2000, berbarengan dengan SK Pendirian Fakultas Teknik UNRI secara resmi oleh Depdiknas.

Jurusan Elektro saat ini memiliki dua Program Studi, yaitu Program Studi S1 Teknik Elektro yang dimulai sejak tauh 2008 dan sudah terakreditasi tahun 2012 serta Program studi D3 Teknik Elektro yang telah dibuka lebih dahulu pada tahun 1998 juga  dengan status terakreditasi oleh BAN PT. Program vokasi ini bertujuan menciptakan tenaga profesional di bidang elektro dengan ciri kegiatan praktek yang lebih dominan dibandingkan teori.  Tahun 2012 juga akan dimulai Program Transfer D3 ke S1 untuk memfasilitasi mahasiswa program Diploma yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana.