Pages Navigation Menu

Electrical Engineering - University of Riau

Field Trip ICon EEI 2018: Peserta Menikmati Keindahan Pulau Bintan

Field Trip ICon EEI 2018: Peserta Menikmati Keindahan Pulau Bintan

Hari kedua, 17 Oktober 2018 merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh peserta konferensi internasional ICon EEI 2018. Usai pertemuan ilmiah hari pertama, 16 Oktober 2018, tibalah saatnya menikmati indahnya destinasi wisata Kepulauan Riau yaitu Pulau Bintan yang sangat terkenal keindahan pantainya.

Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil, terbentang di seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjungpinang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai barat selatan Bintan. Secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, dahulu pada abad pertama masehi, merupakan tempat favorit bagi kapal dagang India dan Cina.

Menuju Pelabuhan Punggur Kota Batam

Menuju Pelabuhan Punggur Kota Batam

Destinasi wisata peserta ICon EEI 2018 menuju Pulau Bintan dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Punggur Kota Batam. Tanpa terasa ferry yang ditumpangi  merapat di Pelabuhan Bintan yang sangat terkenal itu. Beberapa lokasi tujuan wisata Pulau Bintan dipaparkan oleh guide travel agent antara lain Gurun Pasir Busung, Lagoi Bay, De Lake, Patung Penyu dan Patung Guan Sheng Di Jun.

1. Gurun Pasir Busung

Bentang alam yang sangat beragam di penjuru negeri tercinta Indonesia Raya sangatlah indah. Di tengah hutan lebat di Pulau Bintan dapat ditemukan hamparan pasir putih indah dan eksotis, terasa layaknya suasana gurun pasir, menambah daya tarik tersendiri bagi peserta field trip ICon EEI 2018.

Keindahan Gurun Pasir Busung yang Eksotis

Keindahan Gurun Pasir Busung yang Eksotis

2. Bukit Bintan

Begitu mendengar nama Pulau Bintan, terbayang adalah hamparan pantai yang luas mengitari pulau itu. Terbentang pohon mangrov nan indah, disela sungai-sungai kecil. Namun bayangan kita tidak selalu benar sebelum menapakan kaki di Pulau Bintan. Pulau ini juga menyimpan perbukitan indah dengan ketinggian 340 meter dari permukaan laut. Mendaki bebatuan bukit terjal menambah asyiknya field trip peserta ICon EEI 2018 kali ini. Perjalanan melewati kaki bukit menjadi tantangan tersendiri bagi peserta field trip, semua peserta sangat asyik menikmati pendakian itu, sambil sesekali mengabadikan momen penting yang entah kapan terulang kembali.

Keindahan Bukit Bintan yang Asri

Keindahan Bukit Bintan yang Asri

3. Love Lake

Hampir 90 persen destinasi wisata Pulau Bintan adalah berupa pantai dan laut. Tak heran bayangan orang selalu tertuju pada laut dan pantai, demikian juga bayangan peserta field trip ICon EEI 2018. Pulau Bintan memiliki destinasi andalan lainnya untuk memanjakan pengunjung ke pulau ini dengan adanya Love Lake (Danau Cinta). Peserta filed trip mungkin tidak terlalu mengerti kenapa disebut Danau Cinta, sesuatu hal yang pasti adalah pengunjung terasa berada di negara kincir angin Belanda apabila berada di tempat ini.  Tepat di tengah-tengah danau dipasang kincir angin dengan ukuran yang cukup besar. Lingkungan danau yang asri dan kejernihan air danau menjadikan danau ini tempat tujuan wisata yang sangat menarik.

Indahnya Danau Cinta “Love Lake”.

Indahnya Danau Cinta “Love Lake”.

4. Lagoi Bay

Terasa belum lengkap jika pengunjung Pulau Bintan tidak menikmati indahnya Lagoi Bay. Hamparan pantai terbentang sejauh mata memandang menembus Selat Malaka. Kejauhan juga terlihat kapal-kapal besar yang melintas sebab daerah ini memang merupakan jalur pelayaran internasional.

Lagoi Bay Bintan

Lagoi Bay Bintan

Menukik pandangan ke arah pantai Lagoi Bay, nun jauh tampak tersusun pulau-pulau kecil yang indah.  Alunan ombak saling kejar menari, menerpa tumit dan mata kaki. Terpaan angin menyapu wajah, alangkah cerahnya suasana pantai sore itu. Terlihat, peserta ICon EEI 2018 sangat menikmati suasana pantai Lagoi Bay, ada yang melayangkan pandangan ke samudera yang luas, sebagian ada pula yang asyik menyapu air laut yang bersih juga jernih dan cahaya kamera berkilauan untuk mendokumentasikan momen yang belum tentu dapat terulang kembali.

Asyik menikmati suasana pantai Lagoi Bay

Asyik menikmati suasana pantai Lagoi Bay

5. Patung Penyu

Destinasi wisata terakhir peserta ICon EEI 2018 adalah Patung Penyu di pantai Sakera Bintan.  Patung penyu ini berada di depan Vihara Sangharama Sebong Pereh dan di dalam vihara ada terdapat patung Buddha besar Dewa Guan Sheng Di Jun. Patung Penyu terletak diseberang vihara ini, tepatnya di tepi pantai seberang dari vihara Sangharama Sebong Pereh dan berhadapan langsung dengan posisi matahari terbenam. Alangkah indahnya menikmati sunset disana? Sayangnya peserta wisata ICon EEI 2018 tidak dapat menikmati sunset karena harus mengejar last ferry ke Kota Batam paling lambat pukul 17.00 WIB.

Patung Penyu Bintan

Patung Penyu Bintan

Berkunjung ke Pulau Bintan jangan lupa beli oleh-oleh khas pulau itu, sampai di sini perjalanan kita teman, yang pasti sangat seru. Selamat jalan menuju kota dan negara masing-masing. Sampai jumpa lagi pada ICon EEI 2020 (NH).

Translate »